fbpx

11 PROSPEK KERJA SISTEM INFORMASI INI WAJIB KAMU TAU

Bagi kalian yang berminat mengambil prodi Sistem Informasi, pasti kalian bertanya-tanya setelah lulus bisa kerja apa sih? Prospek kerja sistem informasi itu apa? Apalagi kalian yang baru lulus dan ingin mencari tau prospek kerja untuk lulusan Sistem Informasi, kalian menemukan artkel yang tepat. Di artikel ini kita akan kupas terkait prospek kerja sistem informasi.

Sistem informasi merupakan suatu bidang ilmu yang memadukan antara ilmu komputer dengan ilmu manajemen. Jika kalian yang ingin mengambil prodi ini, kalian nanti akan belajar bagaimana mengidentifikasi kebutuhan serta proses bisns perusahaan berdasar data yang ada di dalam perusahaan. Setelah mengidentifikasi, kalian wajib bisa untuk merancang sistem yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Jika kalian lulusan Sistem Informasi, kalian wajib memiliki keahlian dalam melakukan rekayasa dengan komputer. Selain itu, kalian wajib memiliki keahlian dalam memecahkan masalah atau sering dikenal dengan istilah problem solving. Keahlian dalam berpikir secara sistematis juga wajib dimiliki lulusan Sistem Informasi.

Apakah Bagi lulusan Sistem Informasi wajib memiliki keahlian dalam melakukan analisis?

Ya, Kemampuan dalam melakukan penelitian juga dibutuhkan loh. Dan yang paling penting, lulusan Sistem Informasi wajib memiliki keahlian dalam manajerial data. Kenapa? Ya kan saat kuliah diajari ilmu managemen juga, Apakah kalian tau bahwa lulusan Sitem Informasi mempunyai peluang kerja yang sangat luas loh.

Jenis pekerjaan dan jenjang karier bagi lulusan Sistem Informasi itu sangat menjanjikan.

Ilmu yang kalian miliki setelah lulus akan sangat berguna di dunia kerja. Hal itu karena lulusan dari Sistem Informasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan guna mengembangkan sistem yang dapat menjadi jembatan antara programmer dengan user. Di era sekarang ini dunia serba digital, semua serba internet, tidak mungkin jika lulusan Sistem Informasi tidak dibutuhkan perusahaan.

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Informasi?

Yang Pertama Application Developer (Android/ Ios)

Kita tau bahwa perkembangan smartphone sangatlah pesat di era sekarang ini. Seiring dengan perkembangan itu, maka lahirlah berbagai aplikasi yang dapat memudahkan kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Misalnya, di era sekarang jika kita ingin berbelanja, maka kita kita tidak harus datang ke toko. Kita dapat memanfaatkan aplikasi guna membeli barang yang kita butuhkan. Banyak sekali aplikasi belanja online seperti : shopee, bukalapak, lazada, dan masih banyak lagi. Selain itu jika kita ingin berpergian, maka kita bisa memanfaatkan aplikasi seperti gojek, grab, dan sejenisnya. Jika kalian ingin menjadi seorang Application Developer (Android/ Ios). Maka kalian wajib memiliki kemampuan dalam mengenal OS Android dan keunggulannya, Menginstall IDE Android Studio dan JDK dan cara settingnya. Mempersiapkan Tools untuk developer android. Menyusun project pertama dengan Android Studio. Layout : Linear layout, relative layout, table layout dan frame layout. Selain itu wajib mengenal Interface Android Studio. Activity dan intent.

Yang Kedua Computer Engineering

Computer Engineering dikenal dengan istilah teknik komputer. Pekerjaan seorang Computer Engineering akan berkaitan erat dengan sistem komputer. Pekerjaan akan bersinggungan dengan bagaimana membangun sebuah jaringan, mengembangkan berbagai teknik, dan membuat komputer agar bisa lebih efisien.

Yang Ketiga Data Analyst

Istilah lain dari Data Analyst adalah Business Data Analyst. Seorang Data Analyst memiliki tugas mengumpulkan data. Apabila data telah dikumpulkan, maka Data Analyst akan melakukan pengorganisasian data. Setelah itu, seorang data analis akan mengubah data yang diolah menjadi sebuah informasi yang akan dikonsumsi oleh user.

Yang Kempat Database Administrator

Pekerjaan Database Administrator merupakan pekerjaan yang bersinggungan dengan perancangan, pengimplementasian, dan perbaikan pada database. Selain itu, seorang Database Administrator juga bertugas untuk melakukan pengembangan, pemantauan, desain, serta peningkatan kinerja berdasar kapasitas database guna memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang.

Hal Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Database Administrator?

Database Administrator wajib memiliki keahlian dalam troubleshooting, mengerti data dan penggunaannya. Selain itu wajib bisa mengatur proses yang baik guna memecahkan permasalahan. Seorang Database Administrator wajib bisa berpikir kritis dan bisa memakai logika ketika memecahkan masalah.

Yang Kelima UI/ UX Developer

Apa sih UI/ UX Developer itu? UI/ UX Developer adalah pekerjaan yang hampir sama dengan web designer. Jika web designer hanya mendesain web, maka seorang UI/ UX Developer wajib bisa mendesain tampilan aplikasi.

Yang Keenam Enterprise Resource (ERP consultant)

Tugas dan tanggug jawab seorang Enterprise Resource (ERP consultant) bersinggungan dengan penyesuaian paket perangkat lunak ERP terhadap proses bisnis organisasi.

Yang Ketujuh Game Developer

Seorang Game Developer memiliki tugas utama yaitu mengembangkan sebuah game. Termasuk di dalamnya mendesain serta merancang alur game. Di Indonesia startup di bidang game salah satu contohnya adalah Agate Studio dan Educa Studio.

Yang Kedelapan Software Engineer

Software Engineer dikenal dengan istilah Rekayasa Perangkat Lunak. Tugas dari Game Developer adalah mengembangkan, maintenance, manajemen, serta menjaga kualitas software.

Yang Kesembilan IT Planner

Seorang IT Planner memiliki tugas menyusun kebutuhan Teknologi informasi yang akan dipakai pada sebuah perusahaan. Dengan demikian, seorang IT Planner wajib memiliki wawasan yang luas terkait teknologi informasi.

Yang Kesepuluh Graphic Designer

Kita tau bahwa Graphic Design adalah pekerjaan yang banyak diminati di era sekarang ini. Tugas utama seorang Graphic Designer adalah menyampaikan informasi berupa brosur, logo, dan foto kepada masyarakat. Keahlian yang wajib dimiliki oleh seorang Graphic Designer adalah keahlian mendesain utamanya bisa menggunakan software seperti : photoshop, ilustrator, corel draw, dan lain sebagainya.

Yang Kesebelas Pengajar atau Dosen

Jika kalian berminat menjadi seorang Dosen, maka kalian wajib menyelesaikan pendidikan hingga S2. Berbeda jika kalian ingin berkerja menjadi pengajar di tempat kursus, maka kalian tidak perlu menyelesaikan kuliah hingga S2. Kalian bisa mengajar di tempat kursus komputer,androit, serta website. Selain itu, juga bisa mengajar di sekolah SMK.

Author : Nita Rizky Yani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: :-p