fbpx

Bahasa Tubuh Interview Online Pemikat HRD

Adanya pandemi sejak akhir tahun 2019 menimbulkan perubahan di semua peradaban. Segala sesuatu dilakukan secara online. Bahkan semua orang meminimalkan kontak langsung dengan orang lain. Nah, terkait hal itu wawancara atau interview juga dilakukan secara online. Bagi kalian yang ingin mencari kerja, siap-siap ya? Kenapa? Karena trik interview secara langsung dan secara online itu beda loh. Sebelum melakukan wawancara dengan HRD, kalian harus benar-benar mempersiapkan segala hal.

Sebelum kits kupas bagaimana seharusnya bahasa tubuh interview online, cek dulu apa sih wawancara atau interview online itu? Wawancara atau interiew online merupakan suatu proses wawancara yang dilakukan berbasis jaringan. Dalam proses wawancara tersebut biasanya menggunakan alat komunikasi berupa handphone atau laptop. Dalam wawancara atau interview online tidak terjadi kontak secara langsung. Di sisi lain ada yang mengatakan bahwa wawancara atau interview online merupakan sebuah penelitian loh.

Wawancara Atau Interview Online Itu Seperti Apa Sih?

body language interview online

Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan teknologi mampu menciptakan suatu kekreatifitasan baru. Suatu wawancara atau interview online merupakan sebuah perkembangan dari wawancara langsung. Sangat efektif kan di era pandemi seperti sekarang ini. Pada umumnya wawancara atau sama seperti wawancara secara langsung. Yah, jika kalian akan melakukan wawancara atau interview online, kalian sudah jelas akan di minta menjelaskan tentang apa yang kalian pikirkan.

Banyaknya perusahaan yang merekrut karyawan secara online, hal itu mengharuskan para pencari kerja untuk memahami bentuk bagaimana bersikap ketika sedang melakukan wawancara. Jika kalian ingin melakukan wawancara, maka kalian harus benar-benar memperhatikan bahasa tubuh interview online. Kenapa kok penting? Hal tersebut karena HRD meski tidak bertemu kalian secara langsung, tapi HRD mampu membaca gerak-gerik tubuh kalian loh. Namanya juga HRD, sang ahli psikologi, hehe.

Apa Saja Yang Perlu di Perhatikan Saat Wawancara Online?

Yang pertama adalah pandangan mata.

Mengapa demikian? Pandangan mata merupakan hal yang paling penting dalam memperlihatkan karakter dan perasaan seseorang. Terkait dengan hal itu ketika kita berkomunikasi dengan orang lain, maka pandangan mata merupakan suatu hal yang penting untuk dicermati. Apakah kalian tau bahwa pandangan mata akan memperlihatkan bagaimana perasaan atau kejujuran saat berbicara.

Terkait dengan hal di atas, apakah kalian tau bahwa mata merupakan suatu organ yang tidak dapat berbohong atau menyembunyikan apapun yang kita rasakan. Saat melakukan interview online kalian hendaknya sellau menjaga kontak mata agar tetap pada kamera laotop. Pndangan mata kalian harus fokus pada HRD. Kalian harus berusaha menghindari menatap layar laptop saat sedang interview online.

Yang kedua memperhatikan posisi duduk kalian.

Meski dalam wawancara online kalian bisa lebih bebas dalam menggunaka pakaian, namun posisi duduk kalian saat wawancara online juga perlu diperhatikan loh. Meski atasan kalian baju formal, bawahan kalian bebas, tapi posiis duudk kalian saat interview online tetap harus tegak.

Mengapa harus memperhatikan posiis duduk? Nah, saat interview online, posisi duduk yang tegap itu menunjukkan bahwa kalian saat melakukan interview atau wawancara online penuh dengan sopan santun dan kesungguhan. Selain itu, duduk dengan tegak akan membuat kesan posisi sejajar dengan kamera. Kalian harus benar-benar menghindari posisi membungkuk, kenapa? Yah, HRD tentu merasa tidak nyaman jika kalian membungkuk saat interview online.

Yang ketiga gesture tubuh.

Saat melakukan iterview online, kalian harus membatasi gesture tubuh. Gesture tubuh yang berlebihan akan membuat HRD tidak nyaman memandang kalian. Melakukan gerakan tubuh secara reflek itu wajar, namun kalian harus benar-benar menjaga agar tifak berlebihan. Oh ya, meski tidak bleh mengeluarkan gesture tubuh berlebihan, bukan berarti tubuh kalian tidak bergerak loh. Kenapa? Karena kalian juga harus tetap tampil luwes alias tidak kaku,
Kita tau bahwa, bahasa tubuh saat melakukan wawancara atau interview online adalah satu hal yang dinilai oleh HRD. Kalian boleh melakukan gerakan yang memperlihatkan ekspresi. Yah, hal itu agar kalian tidak terlihat kaku. Jika kalian hanya meletakkan tangan di atas meja, itu menunujkkan bahwa kalian sedang grogi. Jadi melakukan gerakan tangan atau erakan lain itu perlu, tapi jangan berlebihan. Pahamkan?

Selain itu, saat sedang melakukan interview online, kalian juga bisa merespon HRD dengan anggukan. Karena merespon HRD itu tidak selalu dengan jawaban. Nah, anggukan yang kalian lakukan adalah suatu tanda bahwa kalian memahami apa yang disampaikan dan kalian menyimak apa yang disampaikan. Respon anggukan juga tidak boleh terlalu sering, kalian harus pandai dalam menempatkan diri. Jika kalian pandai menempatkan diri maka, anggukan dianggap sebagai respon yang sopan.

Bahasa Tubuh Interview

Seberapa Penting sih Senyum Saat Wawancara Online ?

saat kalian sedang melakukan interview atau wawancara online adalah kalian harus tesenyum. Dengan tersenyum, maka kalian akan menampilkan wajah dengan raut yang terlihat menyenangkan. Oleh karena itu, tampil dengan wajah yang tersenyum saat menyapa adalah maerupakan hal yang wajib. Kita tau bahwa pelamar kerja yang ramah dan sopan cenderung disukai oleh HRD.

Terkait dengan hal itu, wajah yang penuh keceriaan adalah wajah yang perlu kalian tunjukkan pada HRD saat melakukan interview atau wawancara online. Tentang bahasa tubuh interview online benar-benar haus diperhatikan. Ketenangan juga harus kalian perhatikan loh. Jangan pernah menunjukkan bahwa kalian sedang grogi, urai grogi kalian dengan sesekali tersenyum namun sesuai konteks ya?

Kenapa perlu tampil tenang dan tetap menjaga senyum? Karena jika kalian menunjukkan wajah masam, maka HRD akan cenderung menganggap kalian tidak antusias. Sekali lagi bahwa HRD akan cenderung senang dengan pelamar yang ramah dan loyal. Keramahan menunjukkan bahwa klian adalah tipe mudah bergaul dan mudah dalam beradaptasi, tidak kaku dengan lingkungan sekitar, baik dalam pertemanan maupun hal lain.

Terkait hal itu, bahasa tubuh saat melakukan wawancara tau interview online, merupakann hal yang sama pentingnya dnegan melakukan wawancara langsung. Kalian harus benar-benar bisa menjaga diri, jangan sampai kalian menunjukkan atau memperlihatkan attitude yang tidak baik di depan HRD.

Yang keempat jangan gelisah.

Kenapa tidak boleh gelisah? Karena gelisah akan membua kalian menjadi tidak fokus. Kalian perlu menghidupkan suasana saat sedang berbicara dengan HRD. Jangan sekali-kali menatap layar handphone saat HRD berbicara, Jika kalian menatap handhone itu menunjukkan bahwa kalian gelisah dan seolah idak antusias saat sedang melakukan wawancara atau interview online. Jika wawancara online melalui laptop bagaimana? Ya jangan menatap layar laptop.

Yang kelima fokus dan konsentrasi.

Hal itu sangatlah pentinng, dan sebelumnya kalian harus mengantisipasi hal-hal buruk yang terjadi saat wawancara atau interview online. Misalnya saja kalian harus mengantasipasi sinyal jaringan. Sebelum wawancara atau interview online, kalian harus memastikan bahwa sinyal di handphone kuat. Pilhlah provider yang tepat agar interview online kalian dapat terlaksana dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: :-p