fbpx

Prospek Kerja Teknik Sipil yang Gajinya Wow

Adakah di antara kalian yang bertanya-tanya apa sih prospek kerja lulusan Teknik Sipil? Kalian yang berminat mengambil prodi atau jurusan Teknik Sipil secara otomatis akan selalu penasaran dengan apapun yang berkaitan dengan Teknik Sipil. Prospek Kerja Teknik Sipil sangatlah luas. Jadi bagi kalian yang ingin menempuh prodi Teknik Sipil, kalian nggak perlu khawatir. Karena ilmu Teknik Sipil sangatlah banyak dibutuhkan oleh pemerintah.

Nah, sebelum kita bahas soal prospek kerja Teknik Sipil, kita akan kupas dulu apa sih definisi dari Teknik Sipil itu? Apakah Teknik Sipil dengan Arsitektur itu sama? Setelah lulus kuliah Teknik Sipil nanti jadi apa? Sebelum kita kupas itu semua, kita tarik dulu definisi dari Teknik Sipil. Kita tau bahwa Teknik Sipil adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang merancang, membangun, bahkan merenovasi suatu bangunan atau infrastruktur.

lulusan teknik sipil

Teknik Sipil Berjuang Demi Kemaslahatan Hidup

Selain itu, Teknik Sipil juga melakukan perancangan terhadap lingkungan demi mencapai kemaslahatan hidup. Teknik Sipil juga bergerak dalam bidang pengelolaan, melakukan konservasi beragam fasilitas guna mendukung suatu pedesaan maupun perkotaan. Jika mengabil minat Teknik Sipil, maka terdapat banyak pilihan dalam menjalankan penelitian. Misalnya : dapat meneliti bantaran atau tepi sungai, jembatan, desain jalan, bahkan sampai pada usaha untuk mencegah terjadinya banjir dan gempa bumi.

Mempelajari ilmu Teknik Sipil, kalian berjumpa dengan beberapa bidang ilmu menjadi dasar, yaitu : ilmu fisika, matematika geologi, bilogi, kimia, hingga komputer. Bahkan ketika kalian terjun di dunia Teknik Sipil, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kalian bisa mengubah hutan menjadi sebuah kota besar. Karena dengan ilmu Teknik Sipil, kalian akan bisa mendirikan berbagai bangunan. Bagimana tidak? Mendalami ilmu Teknik Sipil, kalian akan mengenal unsur-unsur bangunan, seperti : besi, baja, beton, aspal, dan lain-lain.

Cabang-Cabang Ilmu Teknik Sipil

Nah, apakah kalian tau jika kalian telah ada di jurusan atau prodi Teknik Sipil, maka kalian belajar lebih dalam terkait cabang-cabang ilmu Teknik Sipil. Cabang-cabang ilmu tersebut diantaranya :

1. Ilmu Struktural

Yang pertama adalah struktural, yaitu cabang ilmu Teknik Sipil yang mengkaji tentang struktural dari materi yang akan digunakan untuk proses pembangunan. Kita tau bahwa, ketika akan mendirikan bangunan maka kita perlu memilih berbagai jenis bahan, diantaranya : memilih beton, kaca, besi, baja, dan bahan-bahan lainnya. Nah, ilmu struktural mempelajari tentang sifat-sifat maupun unsur-unsur tersebut.

2. Geologi

Yang kedua adalah geologi. Nah geologi sendiri merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang tanah. Seberapa kuat tanah menjadi penopang bangunan. Ruang lingkup yang dikaji meliputi investigasi terhadap kondisi dan keadaan tanah yang nantinya akan di cek di laboraturium terkait kontruksinya. Jika kalian mendalami ilmu geologi, maka kalian nantinya akan memahami bagaimana keadaan dan struktur tanah yang layak untuk didirikan bangunan di atasnya.

3. Manajemen Konstruksi

Yang ketiga adalah Manajemen Konstruksi. Manajemen Konstruksi merupakan suatu cabang ilmu Teknik Sipil yang mendalami terkait proyek konstruksi. Proyek tersebut berkaitan erat dengan ilmu ekonomi, kemudian pengaturan jadwal pekerjaan, kalkulasi modal dan biaya proyek, bahkan terkait pula dengan semua hal yang bersinggungan dengan hukum dan perizinan bangunan. Jika kalian mendalami ilmu struktural, maka kalian dapat bekerja di perusahaan seperti BUMN, utamanya dalam proses pembangunan jalan tol, jembatan, dan lain-lain.

4. Hidrologi

Yang keempat adalah Hidrologi. Hidrologi sendiri merupakan suatu cabang ilmu Teknik Sipil yang mendalami tentang pengelolaan air, bagaimana mendistribusikan air agar bisa dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu Hidrologi juga berkaitan erat dengan cuaca, curah hujan, bahkan debit air di sebuah sungai sampai pada debit banjir.

5. Teknik Lingkungan

Yang kelima adalah Teknik Lingkungan. Teknik lingkungan merupakan suatu cabang ilmu Teknik Sipil yang mendalami terkait permasalahan lingkungan. Hal tersebut erat kaitannya dengan penyediaan sarana maupun prasarana air bersih, pencemaran air sungai yang kemudian diolah menjadi air bersih, lalu mengatasi polusi udara bahkan sampai teknik penyehatan.

6. Transportasi

Yang keenam adalah Transportasi. Transportasi merupakan cabang yang mendalami tentang sistem transportasi. Yang berkaitan dengan itu adalah bagaimana pengaturan jalan raya. Nah, yang ngatur bentuk jalan raya yang biasa kalian lewatin itu ya anak Teknik Sipil.

7. Informatika Teknik Sipil

Yang ketujuh Informatika Teknik Sipil. Informatika Teknik Sipil dapat diartikan sebagai cabang ilmu Teknik Sipil yang mengkaji penerapan komputer guna perhitungan terhadap sebuah sistem dalam proses pembangunan atau penelitian. Pemodelan yang dimaksud di sini adalah Pemodelan Struktur Bangunan. Nah, apakah kalian tau bahwa keluasan cabang ilmu Teknik Sipil akan mempermudah kalian loh, kenapa?

Banyaknya cabang ilmu Teknik Sipil akan membuat semakin fleksibel dan mudah ketika memasuki dunia kerja. Apakah kalian tau bahwa seseorang yang memiliki ilmu Teknik Sipil dapat bekerja di bidang perancangan bangunan, pembangunan akses jalan raya, terowongan, jembatan, berbagai gedung, bandara udara, bahkan sampai pengaturan lalu lintas darat maupun udara. Selain itu, juga erat dengan profesi yang berhubungan dengan sistem jaringan kanal, irigasi, drainase, survey lahan, penyediaan air bersih, meminimalkan kerugian jika ada gempa, melakukan manajemen proyek, dan lain-lain.

Terkait dengan hal itu, apakah kalian sudah memahami perbedaan antara staf ahli teknik sipil dan arsitek? Nah, arsitek sendiri merupakan profesi yang sangat berperan dalam proses perancangan ide di atas kertas.

Sedangkan staf ahli teknik sipil adalah subjek yang melaksanakan pembangunan. Staf ahli teknik sipil yang melakukan perbaikan atau saran dari pelaksanaan koordinasi suatu proyek. Selain itu melakukan pengamatan terhadap suatu proyek yang sedang berlangsung. Bahkan staf ahli teknik sipil juga yang mencetus konsep finansial mapun manajemen proyek terhadap hal-hal yang berkaitan dengan proyek.

Kemampuan Teknik Sipil

Apakah kalian tau bahwa staf ahli teknik sipil dituntut untuk mampu berpikir logis, mempunyai kemampuan analisis yang baik, memiliki kemampuan mendesain. Selain itu, kemampuan berkomunikasi yang baik juga perlu dimiliki oleh seorang staf ahli teknik sipil. Keahlian dalam melakukan perencanaan juga wajib dimiliki oleh staf ahli teknik sipil, utamanya dalam memahami bidang ilmu matematika dan fisika, bahkan sampai jeli dalam memahami gambar 2 dimensi dan 3 dimensi. Ketelitian harus selalu melekat dalam diri staf ahli teknik sipil.

Nah, jika di antara kalian ada yang ingin mengambil minat prodi Teknik Sipil, maka jangan pernah merasa khawatir. Kenapa? Karena sarjana teknik sipil sangatlah dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan swasta, bahkan BUMN juga sangat membutuhkan jasa seorang staf ahli teknik sipil dan gajinya pasti wow. Selain utuk pembangunan gedung, perusahaan juga sangat membutuhkan jasa staf ahli teknik sipil untuk melakukan rekayasa bangunan. Dari segi nilai, maka seorang staf ahli teknik sipil dapat dikatakan bahwa mereka telah banyak berkarya untuk masyarakat. Berjasa banget kan? Ya semua orang pasti membutuhkan jasa para staf ahli teknik sipil untuk kehidupan sehari-hari.

Curriculum Vitae Teknik Sipil

Jadi buat kamu Lulusan Teknik Sipil jangan kuatir ya, masa depan masih cerah. Persiapkan dirimu dengan baik, mulai dari softskills, mental, lamaran dan Curriculum Vitae Teknik Sipil. Sukses selalu untukmu!

Resume Teknik Sipil

Curriculum Vitae Teknik Sipil

Author : Nita Rizky Yani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: :-p