fbpx

INI DIA ALASAN MENGAPA KAMU GAK PRODUKTIF SAAT MASIH MENGANGGUR

Di masa-masa sulit pandemi seperti ini selain banyak orang kehilangan pekerjaan akibat terkena PHK, banyak juga mungkin dari kalian yang baru lulus di tahun 2020 atau bahkan di tahun 2021, tahun dimana yang sampai detik ini juga kita masih dihadapkan dengan adanya pandemi virus covid-19. Tentunya hal ini menyebabkan lonjakan angka pengangguran yang semakin meningkat di Indonesia, terlebih saat ini segala bentuk aktivitas pun hanya dapat kita lakukan dirumah aja. Jelas, hal ini menyebabkan kita terlebih seorang pengangguran akan terkesan terlihat tidak produktif. Kenapa sih kita jadi gak produktif? Dan hal apa aja sih yang menyebabkan kita gak produktif? Yuk kita simak, saya akan membahasnya.

Umumnya, mencari pekerjaan ditengah pandemi seperti ini memanglah sulit. Tapi banyak juga yang sukses kok!! Ini cuma masalah mentalitas aja

Banyak perusahaan-perusahaan yang pailit alias gulung tikar karena tidak mampu bertahan dalam situasi yang serba sulit ini. Banyak juga perusahaan yang tidak membuka lowongan pekerjaan untuk karyawan baru, mempertahankan karyawan lama yang dipotong gajinya karena memang keuangan perusahaan tersebut sedang sulit. Tentu hal ini membuat para jobseeker semakin patah semangat dan berkecil hati dalam memperoleh pekerjaan impiannya. Dan hal ini juga merupakan salah satu penyebab mengapa para jobseeker terlihat gak produktif karena mereka jadi malas-malasan dalam mencari kerja, malas bikin Curriculum Vitae, dan sebagainya. Penyebab lainnya adalah kamu tidak pernah mengasah skill yang kamu miliki sehingga kamu tidak punya kegiatan.

Di zaman yang serba mudah dan modern ini seharusnya kamu tidak perlu risau lagi dalam menyelesaikan segala permasalahan yang kamu hadapi, kamu bisa menonton tutor di youtube bagaimana cara agar skill yang kamu miliki bisa terus berkembang atau bahkan bertambah. Kamu juga bisa mengikuti pelatihan atau kursus-kursus yang memang kamu minati secara gratis. Ini tentu saja akan memudahkan kamu nantinya dalam menerima pekerjaan karena kamu akan merasa percaya diri dengan jobdesk yang diberikan atasan.

KURANG BACA BUKU!! Kapan terakhir kamu baca buku hayoooo

cuku unik

Lalu, penyebab kamu gak produktif lainnya adalah kurangnya membaca buku, berita, ataupun info-info penting seputar wawasan dan ilmu pengetahuan. Seharusnya selama dirumah aja kegiatan membaca bukan lah kegiatan yang sulit dilakukan, karena kita bisa membaca kapan saja. Kalau kita kurang membaca, pengetahuan dan wawasan yang kita ketahui pun tidak akan bertambah, padahal ini sangat penting untuk kita miliki terutama didunia pekerjaan nanti. Selain itu, seharusnya kita bisa memanfaatkan situasi ini dengan cara mempelajari bahasa-bahasa baru. Bisa dari youtube, instagram, join group bahasa, mengikuti kursus, dan dari mana saja. Apapun bisa dilakukan dan didapatkan dengan mudah. Apa kamu belum juga melakukan hal ini? Apa yang mendasari kamu sehingga menjadi orang yang gak produktif? Mungkin rasa malas menjadi faktor dari segalanya.

MAGER alias Malas Gerak

Penyebab lainnya adalah kamu tidak punya kesibukan dan hanya dirumah aja, secara gak langsung kamu inginnya pergi keluar untuk bermain bertemu dengan teman-teman, nongkrong sana-sini. Di satu sisi memang ini bagus dilakukan agar relasi kita semakin bertambah dan menjaga komunikasi dengan teman agar tetap berjalan. Tetapi sebagai seorang pengangguran, dan terlebih dengan kondisi pandemi, seharusnya hal ini dikurangi dulu. Karena selain menghamburkan uang, kamu akan menjadi semakin malas mencari pekerjaan atau bahkan kesibukan-kesibukan lain. Karena kamu sudah merasa nyaman dengan keadaan sebagai seorang pengangguran. Tentu hal ini sangat tidak baik bukan? Untuk penyebab utamanya tiada lain dan tiada bukan adalan kamu kebanyakan rebahan! Seharusnya ketika sedang dirumah aja kita lebih banyak terfikirkan untuk melakukan kegiatan ini itu. Yang biasanya tidak bisa kita lakukan karena tidak punya waktu akibat sibuk beraktivitas diluar, sekarang bisa kita melakukannya. Memanfaatkan waktu yang ada, terlebih untuk seorang pengangguran. Bahkan olahraga ringan pun bisa banget kita lakukan dipagi hari selama minimal 30menit sambil berjemur dibawah sinar matahari, hal ini pun penting dilakukan selain kita jadi lebih produktif kita juga mendapatkan manfaat lain yaitu dengan badan akan jauh lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Yuk Mulai Bangun Pagi…

bangun awal

Sebenarnya masih banyak faktor penyebab kamu gak produktif. Mungkin yang saya bahas diatas adalah garis besarnya. Intinya awalilah harimu dengan bangun pagi, berjemur, berolahraga, dan lakukan aktivitas-aktivitas yang bisa membuat kamu menjadi manusia yang lebih berguna agar nantinya kamu siap untuk menghadapi segala bentuk pekerjaan. Dan ingat, teruslah berdoa, serta berusaha mencari pekerjaan yang sesuai dengan impian dan kemampuan kamu. Atau kamu juga bisa membuka bisnis kecil-kecilan seraya menunggu panggilan, dan barangkali nanti bisnismu akan berkembang jadi bisnis besar sehingga kamu bisa menjadi seorang pengusaha sukses. Keren bukan? Yuk mulai sekarang lebih bersemangat lagi dan jangan banyak bermalasan serta berleha-leha ya demi masa depan yang lebih cerah.

Author: Rachel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: :-p