fbpx

Ingin CV Dilirik HRD? Begini Caranya

Bagi kalian yang masih fresh graduate pasti sekarang lagi kebingungan gimana cara bikin CV? Gimana sih CV yang berkualitas itu? Bagaimana sih biar HRD melirik CV yang kalian kirim? Nah, jangan khawatir, artikel ini akan membuat pertanyaan kalian terjawab dan tentunya akan memberi solusi bagi para fresh graduate yang ingin membuat CV. Curriculum Vitae fresh graduate itu sebenarnya gampang banget loh cara bikinnya? Jangan dikira kalian yang belum punya pengalaman akan tersisih dan kalah bersaing dengan yang sudah berpengalaman.

Para fresh graduate dilarang khawatir, kenapa?

Jika CV kalian berbobot, maka HRD tetep akan memilih CV kalian. Jadi, jangan ragu untuk selalu berkompetisi meski kalian masih belum memiliki pengalaman kerja. Skill yang kalian miliki adalah suatu aset atau bisa disebut juga bekal yang sangat berharga. Oleh karena itu tunjukkan skill dan branding diri kalian melalui CV UNIK yang kalian kirim.

fresh graduate adalah

Di sisi lain, menjadi fresh graduate memang cenderung dipandang sebelah mata karena dianggap tidak memiliki skill yang mumpuni. Terkait hal itu, HRD cenderung akan merekrut karyawan yang berpengalaman. Seleksi ketat akan dilakukan oleh HRD, mengapa demikian? Yaap, itu karena HRD ingin mendapat SDM alias Sumber Daya Manusia terbaik untuk bekerja di perusahaannya. Yaah, kita tau bahwa langkal awal untuk dapat bekerja di sebuah perusahaan adalah dengan mengajukan CV atau Curriculum Vitae ke HRD.

Curriculum Vitae dianggap sebagai perwakilan diri kalian. Melalui CV tersebut, HRD akan menyeleksi terlebih dahulu sebelum mengevaluasi dan memahami kompetensi yang dimiliki oleh pelamar. Hal itu karena profil dan pengalaman kerja kalian telah ada dan termuat di dalam CV. Bahkan, CV yang kalian kirim nantinya akan dijadikan referensi bagi pihak perusahaan dalam proses wawancara nantinya.

Curriculum Vitae fresh graduate dapat dibuat dengan mudah kok.

Gimana sih supaya CV terlihat menarik? Kalian semakin penasaran ya? Nah CV yang menarik itu memuat :

Yang pertama, ketika kaian hendak membidik suatu perusahaan maka kalian harus mengenali dan memahami dulu seluk beluk atau profil perusahaan tersebut. Kenapa bisa begitu? Karena dalam membuat Curiculum Vitae atau CV utamanya untuk Curriculum Vitae fresh graduate, informasi yang lengkap itu sudah semestinya ditampilkan. Nah, dengan memantau visi, misi, bahkan sampai melihat etos kerja karyawan di perusahaan yang kalian bidik, maka kalian akan mudah dalam menyusun CV kalian. Mengapa demikian? Karena jika kalian telah memahami profil dari perusahaan maka, kalian nantinya akan memilah-milah bagian mana saja yang perlu kalian tampilkan dalam CV dan bagian mana saja yang tidak perlu kalian tampilkan, Sekali lagi, CV atau Curriculum Vitae adalah perwakilan diri kalian,

CV fresh graduate

Yang kedua, dalam menyusun Curriculum Vitae fresh graduate kalian wajib menyantumkan identitas diri. Identitas diri memuat berbagai informasi, diantaranya : nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon, alamat email. Kalian tau nggak kenapa identitas diri ini wajib ada dalam CV? Ya kan CV mewakili diri kalian, jadi harus detail dan jelas informasinya. Nah, informasi tentang identitas diri ini hendaknya ada di bagian atas dan yang menjadi objek pertama yang dibaca oleh HRD. Terkait dengan hal itu, dalam memasukkan identitas diri, kalian harus memperhatikan font agar dapat selaras dengan informasi lain.

Yang ketiga, kalian harus alias wajib mencantumkan riwayat pendidikan terakhir, prodi yang kalian ambil selama kuliah, dan IPK. Kenapa riwayat pendidikan itu perlu? Karena sudah menjadi realita jika kalian berasal dari sekolah atau kalian yang menempuh pendidikan di sekolah atau kampus ternama, kalian akan mendapat nilai lebih. Karena sekolah atau universitas yang ternama sudah jelas menghasilkan bibit-bibit unggul karena alumni sekolah atau kampus ternama telah mendapat bekal dari kurikulum yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah atau universitas.

Cantumkan Pengalaman Magang di Curriculum Vitae

Yang keempat, kalian perlu mencantumkan riwayat pekerjaan kalian atau riwayat magang. Lah kan belum pernah kerja, gimana mau dicantumkan? Inilah pertanyaan yang sering muncul. Apakah kalian tau bahwa apapun yang kalian lakukan dan mendapat uang itulah pekerjaan. Apabila saat kuliah kalian pernah berjualan online atau berjualan apapun, itu dapat dilakatakan pengalaman kerja loh. Atau saat kalian mengajar les privat dan kalian mendapat uang, itu juga pekerjaan loh. Atau mungkin hal lain yang pernah kalian lakukan dan mendapat uang, tulis apapun itu.

Tulis Skill di Curriculum Vitae kamu

Resume Fresh Graduate

Yang kelima, kalian perlu menuliskan gambaran diri dan skill apa saja yang kalian miliki. Mengapa itu perlu? Hal itu perlu karena dengan kalian mencantumkan gambaran diri kalian, maka HRD akan tau kompetensi apa yang kalian miliki. Nah, jika skill atau keahlian kalian dibutuhkan oleh perusahaan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kalian yang akan diterima meski kalian masih fresh graduate. Jadi jangan ragu dan khawatir jika bersaing dengan yang telah berpengalaman.

Skill atau gambaran diri yang perlu kalian tampilkan dalam CV atau Curriculum Vitae khususnya untuk Curriculum Vitae fresh graduate adalah kemampuan dalam menggunakan software atau perangkat lunak dalam komputer. Misalnya saja kemampuan dalam mengoperasikan Ms. Word, Excel, Power Point, dan lain sebagainya. Selain itu, dalam CV juga perlu termuat kemampuan berbahasa asing. Kalian bisa menampilkan bahasa apa saja yang kalian kuasai.

Yang keenam, kalian perlu juga mencantumkan riwayat organisasi. Hal itu diperlukan untuk lebih meyakinkan HRD terhadap skill yang kalian miliki. Kita tau bahwa organisasi merupakan suatu wadah untuk menyalurkan minat dan bakat. Dalam organisasi akan selalu ada yang namanya pelatihan-pelatuhan, nah itu juga perlu kalian tulis dalam CV kalian. Training dan pelatihan yang tercatat di CV menunjukkan bahwa skill kalian telah terasah dan diri kalian telah terbekali sebelum terjun di dunia pekerjaan.

Yang ketujuh, kalian sebaiknya mencantumkan kontak referensi. Apa sih kontak referensi itu? Kontak referensi adalah kontak pihak ketiga yang kalian percaya bahwa ia akan memberikan informasi baik terkait diri kalian. Atau bahkan mungkin kebalikannya, tujuan kontak referensi ini juga bisa berkaitan dengan informasi penting dari pihak ketiga yang berkaitan dengan kompetensi terhadap job yang akan diberikan oleh perusahaan kepada kalian.

Prestasi Terbaik Kamu

Yang kedelapan, jika kalian memiliki prestasi, maka kalian perlu bahkan wajib mencantumkannya dalam CV kalian. Mengapa begitu? Karen HRD akan cenderung melihat CV dimana dalam CV tersebut termuat deretan prestasi. Hal itu tidak lain karena prestasi merupakan sesuatu yang sangat dihargai. Bagaimana tidak? Untuk mencapai atau meraih prestasi sangatlah butuh perjuangan dan menempuh banyak rintangan. Jadi, bukan hal yang asing jika dalam CV tertera prestasi adalah CV yang mendapat nilai lebih.

Yang kesembilan, kalian perlu mengetahui bahwa selain isi CV yang berbobot, desain CV yang menarik juga perlu, kalian bisa memesannya di CV UNIK ya gaess. Jika desain CV kalian menarik, maka tidak menutup kemungkinan bahwa HRD memberi nilai lebih pada CV kalian.

Author : Nita Rizky Yani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: :-p