fbpx

Contoh CV Bahasa Inggris yang Benar dan Dilirik Pewawancara

Bahasa Inggris kini menjadi kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Apalagi, ketika kamu ingin menjadi bagian dari perusahaan bertaraf internasional. Bahkan, saat ini hampir setiap perusahaan, baik perusahaan besar ataupun kecil, membutuhkan kehadiran karyawan berkemampuan bilingual. Oleh karena itu, contoh CV bahasa Inggris yang tepat perlu menjadi acuan bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan bergengsi.

CV Unik

Lalu, bagaimana contoh CV bahasa Inggris yang tepat dan terlihat menarik di mata pewawancara? Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yakni:

  1. Jangan terlalu banyak menuliskan “I”

Ketika menggunakan CV berbahasa Inggris, kamu juga perlu membuat cover letter atau surat lamaran dengan bahasa yang sama. Hal yang kerap membuat tulisan bahasa Inggris menjadi tidak nyaman saat dibaca adalah saat terdapat banyak kata “I” di sana. Penyebutan kata “I” yang terlalu banyak membuat HRD menganggap kamu sebagai pribadi yang terlalu berfokus pada diri sendiri. Dengan menghilangkan kata “I”, kamu bisa membuat cover letter terlihat meyakinkan dan profesional.

  1. Utamakan skill khusus

Dalam setiap CV bahasa Inggris, kamu perlu menonjolkan kemampuan khusus yang dimiliki. Di era global seperti sekarang, latar belakang pendidikan bukan menjadi hal utama yang dilihat perusahaan. Sebaliknya, banyak perusahaan atau startup yang mencari calon karyawan berdasarkan pengalaman kerja atau skill yang dimiliki. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memperlihatkan skill khusus secara mencolok. Cara yang kerap dipakai adalah dengan menggunakan diagram atau grafik.

  1. Sesuaikan dengan posisi yang dilamar

CV bahasa Inggris yang kamu buat juga perlu disesuaikan dengan jenis lowongan yang dilamar. Pastikan bahwa skill yang ada pada CV tersebut relevan dengan posisi yang ditawarkan. Dengan begitu, CV memberikan informasi yang lugas dan tidak terlalu panjang.

Hal yang tak kalah penting, kamu juga perlu mempertimbangkan perusahaan yang dilamar. Desain CV yang biasa digunakan melamar ke perusahaan dalam negeri adalah dengan mendahulukan penulisan riwayat pendidikan. Namun, kalau kamu melamar ke perusahaan asing, pertimbangkan untuk menaruh pengalaman kerja di bagian lebih awal.

  1. Cek penulisan dan grammar

Ketika kamu menulis CV berbahasa Inggris, pastikan untuk melakukan pengecekan penulisan. Tidak  hanya memeriksa kesalahan pengetikan, kamu juga perlu memastikan bahwa tidak ada kesalahan grammar.

Cara memeriksa grammar tidak terlalu sulit. Kamu dapat memanfaatkan layanan cek grammar secara online. Ada beberapa layanan yang bisa kamu manfaatkan, baik gratis atau berbayar, di antaranya adalah Grammarly, Reverso, GrammarCheck, dan sebagainya.

  1. Jangan lupa desain CV dengan menarik

Ketika kamu sudah memastikan tidak ada kesalahan dalam CV, maka jangan lupa pula untuk menampilkannya dengan desain menarik. CV dengan desain yang bagus, punya nilai lebih di mata HRD. Apalagi, ketika CV tersebut memberi informasi data pribadi secara komprehensif dalam ukuran yang tak terlalu panjang.

Contoh CV Bahasa Inggris yang Bisa Menjadi Inspirasi

Untuk membantu kamu dalam menyusun CV bahasa Inggris yang bagus dan disukai oleh pewawancara, ada dua contoh CV yang bisa dijadikan sebagai inspirasi, yakni:

Itulah tips serta contoh yang bisa kamu manfaatkan dalam menyusun CV bahasa Inggris yang bagus. Kalau kamu kesulitan dalam melakukannya, terdapat jasa dari CVUnik.com yang siap memberikan solusi. Lewat cvunik.com, kamu bisa memperoleh CV berbahasa Inggris yang bagus dengan desain ciamik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: :-p