fbpx

Tips Menuliskan Tujuan Karir dalam CV yang Membuat Anda Dipilih HRD

Menulis lamaran kerja memang mudah. Namun, lain halnya ketika Anda ingin menulis surat lamaran kerja yang bagus dan bakal dipilih oleh HRD perusahaan. Surat lamaran kerja yang bagus, dapat menarik perhatian HRD cukup dengan membacanya secara sekilas. Bagaimana caranya? Selain menyusun surat dengan desain yang bagus dan unik, kamu juga perlu menuliskan tujuan karir dalam CV secara tepat.

Banyak pelamar kerja yang tidak terlalu mengindahkan penulisan tujuan karir saat menyusun surat lamaran. Bahkan, bisa jadi banyak calon tenaga kerja yang sama sekali tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan tujuan karir. Padahal, keberadaan tujuan karir dalam surat lamaran sangat penting. Keberadaannya mampu melengkapi informasi mengenai pengalaman kerja, kemampuan yang dimiliki, ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan.

profil cv

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Menulis Tujuan Karir dalam CV

Untuk membantu kamu dalam menyusun tujuan karir dengan tepat, ada beberapa hal yang bisa dipahami, yakni:

  1. Lokasi penempatan tujuan karir

Tujuan karir idealnya ditempatkan pada bagian depan CV atau resume.  Kamu bisa menuliskannya setelah nama serta data pribadi dan sebelum detail riwayat pendidikan, kemampuan, serta pengalaman kerja. Penempatan pada bagian depan CV atau resume berguna untuk menarik minat staf HRD yang membacanya. Keberadaannya memberi informasi kepada perusahaan alasan kenapa kamu merupakan pilihan calon karyawan yang tepat.

  1. Jangan terlalu panjang

Porsi tempat yang ada di CV atau resume sangat terbatas. Oleh karena itu, kamu jangan menulis tujuan karir secara bertele-tele sehingga terlalu panjang. Buat tujuan karir secara singkat, tidak lebih dari 5 baris. Di waktu yang sama, kamu juga perlu memastikan bahwa penulisan tujuan karir tersebut bisa membuat staf HRD tertarik membaca CV sampai selesai. Sementara itu, ukuran CV yang paling banyak seharusnya tidak lebih dari 2 halaman.

  1. Jujur

Kejujuran menjadi hal penting yang perlu kamu perlihatkan dalam membuat tujuan karir dalam CV. Kamu perlu menganggap tengah melakukan percakapan secara langsung seperti ketika wawancara kerja dan menuliskan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Mengungkapkan tujuan karir secara jujur, memberi manfaat bagi kamu dan perusahaan. Kamu tak ingin berhadapan dengan momen yang tak mengenakkan gara-gara ketahuan berbohong dalam menulis surat lamaran, kan?

  1. Sesuaikan tujuan karir dengan posisi yang dilamar

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh pelamar kerja dalam menyusun tujuan karir adalah dengan menuliskannya secara umum. Hal ini kerap dilakukan karena kamu terbiasa mengirim surat lamaran kerja yang sama ke berbagai perusahaan. Praktik seperti ini perlu kamu hentikan. Sebaliknya, susun kalimat pada tujuan karir sesuai dengan jenis lowongan yang dilamar.

  1. Cek ulang untuk menghindari kesalahan penulisan

Tahap terakhir dan paling penting adalah melakukan pengecekan ulang. Kamu perlu memastikan bahwa tujuan karir yang ditulis sudah tepat. Selain itu, pengecekan ulang juga berguna untuk mengoreksi ketika terdapat kalimat yang salah ketik. Kesalahan sepert ini mungkin bagi kamu terlihat sepele, tetapi mengganggu kenyamanan staf HRD yang membacanya.

Itulah 5 tips yang bisa kamu terapkan terkait cara menyusun tujuan karir dalam CV. Kamu bisa secara langsung mempraktikkan tips tersebut dengan mulai dari sekarang. Apalagi, saat ini kamu bisa memanfaatkan jasa dari cvunik.com yang bisa membantu untuk menyusun desain CV yang terlihat unik dan menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: :-p